BARONGAN JAWA TIMUR
(SINGO BARONG)
Jenis topeng dan tarian ini berasal dari salah satu kota di jawa timur yaitu kota kediri. Tarian ini juga salah satu lakon atau peranan dalam sebuah kesenian jaranan, yang saat ini sudah menyebar luas ke berbagai penjuru nusantara.
Barongan jawa/singo barong ini mewakili karakter seekor naga. Atau biasa di ceritakan sebagai prabu singo barong dari kerajaan lodaya yang berperang melawan prabu kelanasewandana/pujangganong untunk berebut melamar dewi songgo langit seorang putri dari kerajaan kediri.
Banyak bernagai fersi atas cerita kesenian ini. Namun latar cerita tetap sama yaitu tentang awal mula munculnya seni jaranan di jawa.
Barongan jawa ini sangatlah kental demgan aura mistis saat pementasan kesenian jaranan, sebagai mana kebanyakan jaranan yang ada di tanah jawa. Mereka akan menari sesuai irama gamelan, dan puncak keseruanya yaitu ketika pemain atau penari barongan ini telah kerasukan (ndadi).
Disinilah letak dari keseruan kesenian ini, dimana sang penari akan lepas kendali dan mulai tidak sadrkan diri.
Mereka akan berperilaku di luar nalar manusia biasa. Pastinya dengan sarana-sarana jawa yang kental dengan kemistisanya seperti kemenyan, dupa, kembang, dan sarana-sarana yang lainya.
Dalam setahun sekali topeng atau kesenian barongan ini pasti di adakan kirab/festifal di kediri. Dan pesertanya tidak tangung-tanggung, dari target peserta sebanyak 1000 tapi yang hadir bisa mencapai 3 kali lipatnya, bahkan lebih. Dan itulah rasa solidaritas kecintaan para seniman/seniwati di tanah jawa ini, mereka dengan suka rela hadir ikut andil dalam acara tersebut demi memeriahkan dan berharap untuk bisa melestarikan kesenian dan budaya jawa.
Setidaknya harapan mereka adalah menunjukan kepada dunia, bahwa inilah salah satu keindahan di indonesia khususnya di tanah jawa.
    Untuk itu, sebagai bangsa yang mempunyai banyak keragaman budaya dan kekayaan seni di dalamnya, mari kita bersama untuk melestarikan kesenian dan budaya peninggalan nenek moyang kita.
Agar indonesia tetap indah di mata dunia, dan selalu membuat bangga akan kesenian dan budaya.
Sekian sedikit ulasan tentang kesenian barongan jawa yang saya ketahui, jika anda ingin mengenal kesenian ini lebih dalm lagi  silahkan datang ke kota kediri.


Ananto wododo
Lamongan, sabtu 02 juni 2018.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUDA LUMPING